Bubur Kacang Hijau Asupan Bergizi agar Bayi Tetap Sehat

Apakah Anda sedang mencari solusi dan alternatif makanan pendamping ASI untuk menjaga si kecil agar tetap sehat? Selama masa pertumbuhan, Anda harus berpikir ekstra ketika memilih makanan untuk sang buah hati. Nah Bubur Kacang Hijau merupakan solusi yang bisa Anda coba. Berikut beberapa kandungan biji kacang hijau yang baik bagi pertumbuhan si kecil.


Kacang Hijau Sebagai Sumber Vitamin dan Mineral
Ternyata ada banyak sekali vitamin penting yang terkandung dalam kacang hijau dan sangat dibutuhkan oleh sang buah hati yakni vitamin C, A, K, E, hingga B-6. Vitamin-vitamin tersebut tentunya memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga dan menunjang kesehatan sang buah hati.

Misalnya, vitamin C pada kacang hijau mampu mengingatkan dapa tahan tubuh sang buah hati sekaligus mencegah penyakit pada si kecil yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Selian itu kacang hijau juga sangat cocok digunakan sebagai makanan pendamping ASI karena kaya akan mineral seperti asam folat, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, dan lain sebagainya.

Ketika Anda hendak mengolah biji kacang hijau untuk makanan pendamping ASI si kecil, olahlah menjadi bubur kacang hijau agar lebih mudah dicerna oleh si kecil. Namun sebelum mengolahnya pastikan bahwa biji kacang hijau tersebut sudah dikupas terlebih dahulu ya.

Kacang Hijau Kaya Protein
Zat protein memang memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati, termasuk mendukung proses pembentukan otot dan organ si kecil. Menurut penelitian angka kandungan gizi yang terdapat pada biji kacang hijau cukup tinggi hampir sama dengan gizi yang terkandung pada telur, ikan, dan daging.

Perbedaannya hanya sumber proteinnya saja. Jika telur, ikan, dan daging termasuk ke dalam sumber protein hewani. Sedangkan biji kacang hijau termasuk ke dalam sumber protein nabati sehingga tidak mengandung lemak jenuh. Selian itu, kacang hijau juga dirasa lebih aman untuk makanan pendamping ASI karena tidak memunculkan reaksi alergi.

Kacang Hijau Kaya Serat
Ternyata kacang hijau juga kaya akan serat dan sangat baik untuk gizi dan pencernaan sang buah hati. Ya, kacang hijau memang cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh karena mengandung serang yang tinggi.

Setidaknya ada dua jenis serat yang terkandung dalam biji kacang hijau yakni serat larut yang bermanfaat untuk mengurangi masalah sembelit pada si kecil dan serat tidak larut yang berguna untuk menjaga kadar gula dalam darah. Ternyata banyak juga yang manfaat yang bisa didapatkan dari biji kacang hijau.

Kacang Hijau Membantu Fungsi Hati
Biji kacang hijau ternyata juga mampu dan sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta mengeluarkan racun dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan detoksifikasi bagi kesehatan balita. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati sang buah hati sehingga mengurangi risiko terserang berbagai penyakit kronis.

Kacang Hijau Sehatkan Jantung
Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur ternyata juga mampu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah vena dan arteri pada jantung sehingga tekanan darah tetap terjaga dan sang buah hati menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, kacang hijau sebagai makanan pendamping ASI juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat biji kacang hijau untuk menjaga kesehatan sang buah hati. Sudah tahu bukan akan banyaknya manfaat kacang hijau sebagai MPASI yang bisa didapatkan oleh si kecil? Sekarang Anda bisa memberikan asupan gizi yang lengkap dan bervariasi dengan menu baru bubur kacang hijau. Selamat mencoba.
Bubur Kacang Hijau Asupan Bergizi agar Bayi Tetap Sehat Bubur Kacang Hijau Asupan Bergizi agar Bayi Tetap Sehat Reviewed by Anak Banua on 01.13 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.